Semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan membawa konsekuensi bagi puskesmas untuk meningkatkan sistem manajemen pelayanan puskesmas yang baik. Oleh sebab itu puskesmas harus bisa memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat dan akurat.

Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) hadir di Puskesmas Godean 1 bersinergi dengan Upaya Kesehatan Perorangan (UKM) dan Administrasi Manajemen (Admen) untuk mewujudkan pelayanan kesehatan tingkat pertama sesuai standar, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mewujudkan derajat kesehatan yang baik bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Godean 1 pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

UKP adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perorangan.

Pelayanan UKP  di Puskesmas Godean 1 meliputi :

1. Rawat Jalan

  • Pendaftaran
  • Pemeriksaan Umum
  • Pemeriksaan KIA, KB dan Imunisasi
  • Pemeriksaan Gigi dan Mulut
  • Konsultasi Gizi
  • Konsultasi Psikologi
  • Konsultasi Kesehatan Lingkungan/Klinik Sanitasi
  • Farmasi
  • Laboratorium
  • Fisioterapi
  • Klinik Keperawatan
  • Konsultasi Promosi Kesehatan

2. Pelayanan Gawat Darurat Terbatas

3. Rawat Inap

  • Rawat Inap Umum
  • Rawat Inap Persalinan

Sebelum layanan dilaksanakan, pasien/keluarga perlu memperoleh informasi yang jelas tentang rencana layanan, dan memberikan persetujuan tentang rencana layanan yang akan diberikan, dan jika diperlukan dituangkan dalam informed consent. Pelaksanaan layanan dipandu dengan standar pelayanan yang berlaku di Puskesmas, sesuai dengan kemampuan Puskesmas dengan referensi yang jelas, dan bila memungkinkan berbasis evidens terkini yang tersedia untuk memperoleh outcome klinis yang optimal. Untuk menjamin kesinambungan pelayanan, pelaksanaannya harus dicatat dalam rekam medis pasien.

Rencana layanan ditetapkan berdasarkan hasil kajian yang dinyatakan dalam bentuk diagnosis. Dalam menyusun rencana layanan perlu dipandu oleh kebijakan dan prosedur yang jelas sesuai dengan kebutuhan pasien atau sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan. Hasil dari pelayanan klinis tergantung dari ketepatan dalam penyusunan rencana layanan yang sesuai dengan kondisi pasien dan standar pelayanan klinis.

Rincian kegiatan yang dilakukan UKP untuk meningkatkan mutu layanan klinis :

1. Rapat UKP

Dilakukan 1 bulan sekali untuk membahas masalah dari masing-masing unit pelayanan yang tidak bisa diselesaikan dalam rapat unit.

2. RCD (Reflektif Case Discussion) Dokter, Bidan, Perawat         

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membahas kasus yang menarik untuk didiskusikan sesuai dengan kompetensi profesi masing-masing, dilakukan 1 bulan sekali

3. Pelatihan BHD Tim Gawat Darurat

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih ulang seluruh petugas untuk dapat melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD). Tim Gawat Daurat menjadi koordinator kegiatan ini.

4. Bimtek UKP

Dilakukan 2 kali dalam setahun dengan mengundang narasumber ahli dengan topik yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

UKP di Puskesmas Godean 1 berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Karena upaya peningkatan mutu klinis, dan keselamatan pasien menjadi tanggung jawab seluruh petugas klinis yang memberikan asuhan kepada pasien, maka diharapkan petugas klinis berperan aktif dalam proses peningkatan mutu layanan klinis dan upaya keselamatan pasien, mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi mutu layanan klinis dan keselamatan pasien.