JARINGAN DAN JEJARING PUSKESMAS GODEAN I

            Berdasarkan Permenkes RI Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas, disebutkan bahwa dalam rangka meningkatkan aksesibilitas pelayanan, Puskesmas didukung oleh jaringan pelayanan Puskesmas dan jejaring fasilitas pelayanan kesehatan. Jaringan pelayanan Puskesmas terdiri atas Puskesmas pembantu (Pustu), Puskesmas keliling, dan bidan desa (di dalam organisasi Puskesmas).

Puskesmas pembantu memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di suatu lokasi, dalam wilayah kerja Puskesmas. Puskesmas keliling memberikan pelayanan kesehatan yang sifatnya bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas. Bidan desa merupakan bidan yang ditempatkan dan bertempat tinggal pada satu desa dalam wilayah kerja Puskesmas.

Puskesmas Godean I melakukan beberapa upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di jaringan dan jejaring, antara lain:

  1. Melakukan monitoring dan pembinaan ke Puskesmas Pembantu Sidomulyo, Puskesmas Pembantu Sidoagung, dan Puskesmas Pembantu Sidomoyo yang dilakukan oleh Tim Pembina Jaringan dan Jejaring, setiap 3 bulan sekali,
  2. Melakukan pertemuan dengan jejaring di wilayah kerja Puskesmas Godean I guna meningkatkan koordinasi antara Puskesmas dengan jejaring,
  3. Melakukan monitoring dan pembinaan ke Apotek yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Godean I

Melalui upaya-upaya tersebut diharapkan jaringan dan jejaring dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarkat dan mudah diakses oleh masyarakat.