LOKASI
Puskesmas Godean I beralamat di Pandean VII, Kelurahan Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat Lokasi : -7.7640872,110.2895498
Telp. 0274 797534

WILAYAH KERJA

Wilayah Kerja Puskesmas Godean I terdiri 4 (empat) desa dengan luas 14,03 km2. Luas Desa Sidoluhur 5,19 km2, Desa Sidomulyo 2,50 km2, Desa Sidomoyo 3,02 km2 dan Desa Sidoagung 3,32 km2.

Batas wilayah kerja Puskesmas  Godean I adalah :

  • Batas Utara         : Desa Margoluwih, Kecamatan Seyegan
  • Batas Timur         : Desa Sidoarum, Kecamatan Godean
  • Batas Selatan     : Desa Balecatur, Kecamatan Gamping
  • Batas Barat         : Desa Sidorejo, Kecamatan Godean

Jumlah dusun wilayah kerja Puskesmas Godean I sebanyak 42 dusun dengan 91 RW dan 206 RT. Jumlah desa, dusun, RW dan RT wilayah kerja Puskesmas Godean I terlihat pada tabel berikut :

No Desa Dusun RW RT
1 Sidoluhur 15 36 75
2 Sidomulyo 8 17 39
3 Sidoagung 8 17 47
4 Sidomoyo 11 21 45
  Jumlah 42 91 206

DATA PENDUDUK

Jumlah penduduk pada tahun 2018 sebesar 34.374 jiwa, terdiri laki-laki 17.296 jiwa dan perempuan 17.078 jiwa. Tingkat kepadatan penduduk 2.606 jiwa/km2. Gambaran penduduk menurut jenis kelamin per desa terlihat pada tabel berikut :

Desa Laki-laki Perempuan Jumlah
Sidoluhur 5.033 5.070 10.103
Sidomulyo 3.255 3.186 6.441
Sidoagung 4.653 4.621 9.274
Sidomoyo 4.355 4.201 8.556
Jumlah 17.296 17.078 34.374

Gambaran mata pencaharian penduduk wilayah kerja Puskesmas Godean I cukup bervariasi dari petani, pedagang, buruh, pekerjaan formal sebagai Pegawai Negeri maupun swasta dan lain-lain. Mata pencaharian penduduk di wilayah kerja Puskesmas Godean I terbanyak adalah buruh (tukang berkeahlian khusus) diikuti dengan karyawan swasta.

Jumlah penduduk laki-laki lebih banyak daripada perempuan dengan proporsi antara laki-laki dan perempuan hampir sama besarnya. Jenjang pendidikan penduduk di wilayah kerja Puskesmas Godean I terbanyak adalah SMA atau sederajat.

VISI

Mengacu Rencana Strategis Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman maka Puskesmas Godean I menetapkan visi “Terwujudnya pelayanan kesehatan dasar yang bermutu untuk mendorong masyarakat hidup mandiri dan berbudaya sehat menuju smart health.

Visi yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan adalah masyarakat Puskesmas Godean I hidup dalam lingkungan yang sehat dengan perilaku hidup bersih dan sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Lingkungan yang diharapkan adalah lingkungan yang kondusif untuk terwujudnya keadaan sehat yaitu lingkungan yang bebas dari polusi, tersedianya air bersih yang cukup, sanitasi lingkungan yang memadai, perumahan dan pemukiman yang sehat, perencanaan kawasan yang berwawasan kesehatan, serta terwujudnya kehidupan masyarakat yang saling tolong menolong dengan memelihara nilai-nilai budaya.

Perilaku masyarakat yang diharapkan adalah yang bersifat proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah risiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit, serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Kemampuan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, diharapkan tercapai dengan mudah, karena pelayanan kesehatan  diselenggarakan sesuai dengan standart dan etika profesi yang ada.

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, telah dirumuskan lima misi Puskesmas Godean I sebagai berikut:

  1. Memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai standar, ramah dan profesional.
  2. Menyediakan sumberdaya yang memadai.
  3. Mengembangkan pelayanan berbasis teknologi.
  4. Membangun kerjasama lintas sektor yang harmonis.
  5. Membangun lingkungan kerja yang nyaman, aman dan humanis.

MOTTO

Motto adalah ungkapan singkat yang memberikan makna tujuan organisasi serta semangat untuk terus memberikan kinerja terbaik. Adapun motto Puskesmas Godean I adalah :SMS “Solusi Menuju Sehat”

Puskesmas Godean I berharap dapat bersama-sama dengan semua pemangku kepentingan dan masyarakat bergerak mencari solusi agar seluruh warga masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Godean I dapat hidup sehat, sejahtera dan mampu memberikan kontribusi positif untuk bangsa dan negara.

STRUKTUR ORGANISASI

TATA NILAI

Tata Nilai yang telah disepakati bersama di Puskesmas Godean I disingkat dengan“PUGOSA”. Pugosa sendiri merupakan singkatan dari Puskesmas Godean Satu.

  • P: Profesional

Melayani pasien sesuai  kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar serta berkomitmen terhadap standar profesi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Puskesmas.

  • U: Utamakan mutu dan keselamatan pasien

Berupaya memberikan pelayanan yang bermutu dan meningkatkan keselamatan pasien. Untuk dapat mewujudkannya, dilakukan dengan memberikan pelayanan sesuai standar, melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik antar unit dan antar profesi, memantau dan meningkatkan kompetensi, monitoring dan tindak lanjut insiden serta berkomitmen melakukan perbaikan terus menerus dalam segala hal.

  • G: Gerak cepat dan tepat

Memberikan respon segera dalam memberikan pelayanan pada pasien. Pelayanan yang diberikan tepat dan akurat sesuai standart operasional yang berlaku

  • O: Obyektif dan inovatif

Memberikan pelayanan sesuai kondisi pasien dan didukung oleh data atau fakta yang ada. Dalam upaya menyelesaikan masalah kesehatan, dilakukan terobosan-terobosan sehingga lebih cepat dalam mecapai tujuan.

  • S: Santun dan selaras

Memberikan pelayanan dengan ramah dan penuh empati. Membangun budaya 3S (senyum, salam dan sapa) merupakan sikap yang sangat di perlukan untuk kenyamanan pelanggan.  Puskesmas Godean I berupaya memberikan pelayanan sesuai  dengan kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan ketentuan yang berlaku.

  • A: Amanah, adil dan akuntabel

Memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat dan tidak membedakan status. Dalam memberikan pelayanan selalu menjaga kerahasiaan sesuai kode etik dalam menjalankan tugas. Puskesmas Godean I memberikan pelayanan kesehatan yang dapat dipertanggungjawabkan. Semua kegiatan dan pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat harus berdasar pada ketentuan yang ada.