“PETUGAS BUGAR, MASYARAKAT SEHAT”

Tes Kebugaran Jasmani bagi Petugas Puskesmas Godean I

Pada hari Jumat tanggal 12 Juli 2019, Puskesmas Godean I melaksanakan Tes Kebugaran Jasmani yang diikuti oleh Karyawan Puskesmas Godean I. Tes Kebugaran Jasmani adalah suatu kegiatan yang dilakukan menggunakan metode ROCKPORT untuk mengukur tingkat kebugaran seseorang, apakah kurang sekali, kurang, cukup, baik atau baik sekali.

            (Foto Tes Kebugaran Jasmani)

Keuntungan ataupun manfaat dari melakukan Tes Kebugaran Jasmani ini adalah :

  • Tes kebugaran ini dapat dijadikan panduan menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani.
  • Dapat dilakukan secara perorangan atau berkelompok
  • Relatif aman bagi orang yang memiliki factor risiko penyakit.
  • Mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat khusus.

Yang perlu dipersiapkan dalam melaksanakan Tes Kebugaran Jasmani ini adalah :

  • Lintasan datar sepanjang 1,6 km
  • Alat pencatat waktu
  • Pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman

Tes diawali dengan melakukan pemanasan dan peregangan seluruh tubuh, terutama otot tungkai. Kemudian tes dimulai dengan berjalan cepat atau berlari secara konstan semampunya dengan jarak yang sudah ditentukan yaitu 1,6 km. Saat mulai tes yaitu berjalan atau berlari, pencatat waktu diaktifkan untuk menghitung waktu tempuh peserta tes dalam berlari atau berjalan sepanjang 1,6km. Kemudian hasil waktu tempuh tersebut dimasukkan kedalam tabel yang terdapat dalam Kartu Menuju Bugar.

            (Gambar Kartu Menuju Bugar)

Bagaimanakah caranya mengetahui Tingkat kebugaran Jasmani?

Dalam tabel Hubungan Waktu Tempuh – VO2Max akan ada berbagai pilihan waktu tempuh dan akan menunjukkan VO2Max dari masing-masing waktu tempuh. Pilihlah waktu tempuh yang sesuai dengan hasil tes Anda kemudian hasil VO2Max Anda akan dimasukkan kedalam tabel Kategori Kebugaran Jasmani sesuai jenis kelamin dan kelompok umur yang sesuai dengan Anda maka akan terlihat kategori Tingkat Kebugaran Jasmani.

Dari hasil Tes Kebugaran Jasmani yang dilakukan pada 54 Petugas Puskesmas Godean I, didapatkan hasil sebagai berikut :

Kurang Sekali Kurang Cukup Baik Baik Sekali Jumlah
2 28 23 1 0 54

Peran dan tugas dari Petugas Puskesmas cukup berat untuk memberikan pelayanan kesehatan dan peningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Puskesmas. Cukup penting untuk selalu menjaga tubuh dalam kondisi sehat dan bugar. Harapannya dengan diketahui tingkat kebugaran petugas maka petugas yang masih kurang bugar dapat termonitor setiap 3 bulan dan termotivasi untuk meningkatkan kebugaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *