PUNCAK HARI KESEHATAN NASIONAL DI PUGOSA TAHUN 2016

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Puskesmas Godean I, dilaksanakan secara rutin dengan rangkaian senam massal bersama kader kesehatan, lintas sektor, karyawan, dan masyarakat setempat. Pada tahun ini, peringatan HKN ke-52 Puskesmas Godean I, dilaksanakan dengan kemasan yang spesial dengan mengusung tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat”.

Dalam sambutanya Kepala Puskesmas Godean I, Muhammad Daroji, SKM,MPH. menyampaikan yang intinya bahwa peringatan HKN ini sebagai momentum untuk lebih menggelorakan semangat hidup sehat, meningkatkan kesehatan masyarakat, baik melalui tenaga kesehatan langsung maupun melalui kader sebagai promotor kesehatan di tingkat dusun yang sangat berperan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Setiap tahun Pugosa selalu meluncurkan program layanan inovasi ataupun baru, kali ini adalah Prolanis “Manise Pugosa”, Kelompok Keluarga “Prokeswa”, Posbindu Pugosa “Setya Husada”, Mesin antrian mandiri “MAM”, dan Gedong baru layanan rawat inap.

Camat Godean, yang diwakili oleh Sekcam Godean Drs. Arifin,M.Law, menyampaikan bahwa Kecamatan Godean telah menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA), sehingga pihak kesehatan sangat penting perannya dalam menyiapkan generasi masa depan yang sehat.

Hadir juga dari Dinas Kesehatan, yang diwakili oleh dr.Novi Krisnaini, MPH. (Kepala Bidang P2PL) menyampaikan bahwa apresiasi disampaikan kepada Puskesmas Godean I, dalam melaksanakan program kesehatan yang dilengkapi dengan program Prolanis, Posbindu dan prokeswa, yang terlihat sangat didukung oleh kader dan masyarakat serta lintas sektoral yang banyak terlibat dalam melaksanakan gerakan masyarakat sehat. Selain itu, apabila pilar STBM stop BABS sudah terdeklarasikan, ke depannya dapat dimulai melaksanakan pilar STBM yang lain.

Pada kesempatan kali ini, Puskesmas Godean I, mengemas acara HKN dengan melaksanakan kegiatan senam massal dengan peserta kurang lebih 500 orang, yang terdiri dari Lintas Sektor, seluruh Kader kesehatan Puskesmas Godean I, Karyawan Puskesmas, peserta senam Jumat Pugosa, peserta Prolanis, peserta keluarga Prokeswa. Pada kesempatan yang sama, Puskesmas Godean I, melaunchingkan kegiatan-kegiatan yang telah berjalan pada tahun ini, antara lain kegiatan Prolanis “Manise PUGOSA”. Kegiatan ini mewadahi para penderita penyakit kronis, Diabetes Mellitus, Hipertensi dengan berbagai kegiatan, antara lain, edukasi, kontrol rutin, senam prolanis, konsultasi dan kemudahan akses dalam pengobatan, serta pendaftaran anggota baru.

Selain itu, dilaunching juga” Keluarga Prokeswa (Pro Kesehatan Jiwa)”. Kegiatan ini sebagai wadah bagi keluarga yang merawat ODS (Orang Dengan Skizofrenia), dengan berbagai kegiatan antara lain, support group care giver skizofrenia (kelompok pendukung keluarga ODS), Family Gathering Skizofrenia, Pendampingan Keluarga skizofrenia tingkat desa, terapi kelompok untuk keluarga maupun ODS, Rehabilitasi Berbasis Masyarakat untuk ODS yang telah stabil, serta pendaftaran peserta baru prokeswa.

Posbindu institusi, juga dilaunching pada acara tersebut dengan melaksanakan pemeriksaan secara berkala kepada karyawan Puskesmas Godean I, baik pemeriksaan tinggi badan, berat badan, antropometri,cek laboratorium, untuk  dapat diketahui kondisi kesehatan karyawan.

Pada tahun 2017 mendatang, Puskesmas Godean I, telah dilengkapi dengan rawat Inap pelayanan 24 jam terbatas, yang pada kesempatan kali ini juga sekaligus disosialisasikan kepada masyarakat , mengenai pelayanan rawat inap 24 jam terbatas. Setelah launching, diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh kepala KUA Bapak Muhammaad Wiyono.

Deklarasi stop BABS yang telah dilaksanakan pada tahun 2015, dilaksanakan juga pada tahun ini, dengan deklarasi 2 Desa, yakni Desa Sidoagung dan Desa Sidomoyo, sehingga tahun ini, seluruh desa sudah dilakukan pemicuan, yang akan mendukung masyarakat untuk hidup sehat dengan melaksanakan stop BABS (Buang Air Besar di Sungai).

Dalam kesempatan ini, diserahkan juga bantuan “Pundi-pundi Sayang Ibu” kepada ibu hamil berisiko dengan diberikan santunan dan bingkisan. Penggalangan dana yang dilaksanakan pada acara ini, terkumpul sebesar Rp.1.013.000., yang akan digunakan untuk program kegiatan ke depannya.

Pada kesempatan kali ini, peringatan HKN dilengkapi dengan kegiatan talkshow yang menghadirkan dr. Probosuseno,Sp.PD-Kger(K) dengan mengangkat tema “Lansia Sehat Sukses Mandiri, Manfaat” yang intinya adalah menjadi lansia dengan tetap merawat kesehatan dan melaksanakan resep hidup sehat, sehingga tetap dapat mandiri dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Penghargan Posyandu terbaik dilaksanakan rutin setiap tahun sekali, sebagai apresiasi Posyandu Balita maupun lansia. Pada kesempatan kali ini diumumkan Posyandu  Balita terbaik I diraih oleh Posyandu Balita“Dahlia” Dusun Kramen, Sidoagung. Terbaik II Posyandu Balita “Pisang”, Dusun Pandean VII, Sidoluhur, Godean. Terbaik III, Posyandu “Telasih” Dusun Simping, Sidomoyo, Godean. Harapan I, Posyandu “Mawar”, Godean Lor, Sidoagung,Godean. Dan terbaik II Posyandu “Anggrek”, Genitem, Sidoagung,Godean.

Penghargaan Posyandu Lansia terbaik I diraih oleh Posyandu “Teratai” Ngrenak Kidul,Sidomoyo,Godean. Posyandu Lansia terbaik II diraih oleh Posyandu “Wreda Raharja” Pandean VII, Sidoluhur, Godean. Terbaik III diraih oleh Posyandu “Karang Wreda” Berjo II, Sidoluhur, Godean. Harapan I oleh Posyandu “Dahlia” Kramen, Sidoagung, Godean. Harapan II, Posyandu “Jeruk” Dusun Gancahan V,Sidomulyo, Godean.
Selain itu, diberikan juga penghargaan untuk kader UKGMD Posyandu aktif yang diraih oleh “Posyandu pisang” Pandean VII, Sidoluhur., “Posyandu Alpukat”Ngabangan,Sidoluhur serta “Posyandu Duku” GAncahan VI, Sidomulyo,Godean.
Setelah rangkaian acara, dilaksanakan pembagian doorprice dari Puskesmas dan sponsor untuk memeriahkan acara, diselingi dengan makan bersama sambil ramah tamah.

Notulis : Siam Hanifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *