Refreshing peningkatan kapasitas karyawan tentang public speaking dan prosedur penyuluhan

Pada tanggal 14 maret 2017 Puskesmas Godean 1 melakukan kegiatan refreshing peningkatan kapasitas karyawan tentang public speaking dan prosedur penyuluhan. Dengan menghadirkan narasumber DR. Supriyati, S.Sos. M.Kes dan Cahya Prihantama, SKM,MPH. kegiatan tersebut diikuti olah karyawan di puskesmas Godean 1.

Dalam sambutannya Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat, Dwi mulyani mengucapkan terimaksih kepada DR. Supriyati, S.Sos. M.Kes dan Cahya Prihantama, SKM,MPH sudah berkenan hadir di puskesmas Godean 1, selain itu ibu Dwi Mulyani mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyambutan.

Materi pertama tentang Public Speaking disampaikan oleh DR. Supriyati, S.Sos. M.Kes, DR. Supriyati, S.Sos. M.Kes Menyambut gembira  dengan adanya kegiatan ini, harapnya kesehatan masyarakat semakin bagus. dalam materinya disampaikan bahwa setiap hari karyawan puskesmas akan berhadapan dengan masyarakat yang berhubungan dengan pelayanan ataupun penyuluhan. Dalam komunikasi yang terpenting adalah ketika kita berbicara pesan yang di sampaikan dapat diterima. Program preventif promotif semakin banyak, promotif tidak hanya dilakukan oleh petugas penyuluh kesehatan, seluruh tim di puskesmas seharusnya terlibat dalam melakukan kegiatan promotif.  Diharapkan karyawan dapat mengidentifiksi skill dirinya dalam presentasi, bukan terus bertahan di situ tetapi bagaimana caranya meningkatkan skill untuk lebih baik.

Materi kedua tentang prosedur penyuluhan disampaikan oleh Bapak Cahya Prihantama, SKM,MPH dari Dinas Kesehatan. Setiap kali Penyuluhan tentunya ingin berupaya untuk menyasar perubahan pengetahuan, sikap, ataukah perilakunya. Dengan demikian diperlukan proses untuk merubah perilaku, dengan memahami sikap masyarakat (menolak, menerima, melakukan tindakan) dan membagi kelompok masyarakat  sesuai dengan sikapnya diperlukan juga memperhatikan materi, sasaran (individu, kelompok), dan metode (ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok, demonstrasi, study kasus, memainkan peran, simulasi). Hal tersebut menjadi penting untuk mencapai keberhasilan penyuluhan. Dalam penyuluhan secara perorangan idealnya kita memperhatikan penampilan kita dan SAJI (salam, ajak bicara, jelaskan, ingatkan).

Setelah paparan motivasi dilakukan diskusi secara panel. Dari kegiatan tersebut diarapkan dapat meningkatkan kemampuan karyawan Puskesmas Godean 1 dalam kegiatan pelayanan dan penyuluhan di masyarakat.

Notulis : Eppy Nurul Cahyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *