Gerakan jumat Bersih tim Pokjanal DBD Kabupaten Sleman di Senuko

Pada tanggal 10 Maret 2017 Pukesmas Godean 1 bersama Kader Kesehatan desa Sidoagung, kecamatan godean dan tim Pokjanal DBD Kabupaten Sleman melakukan Gerakan Jumat Bersih (GJB) di Dusun Senuko Sidoagung Godean. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Nurulhayah dan Wakil Bupati Dra Hj. Sri Muslimatun, M.Kes

Dalam kesempatan tersebut dr. Nurulhayah dan Hj. Sri Muslimatun mengunjungi beberapa rumah sebagai sample pemeriksaan Jentik. Dari hasil GJB yang dilakukan didapatkan hasil ABJ 86,14%.

Dalam sambutannya Kepala Desa Sidoagug Bp. Edi menyampaikan terimakasih atas kehadiran tim pokjanal DBD kabupaten sleman dan berarap dapat menambah semangat dalam menanggulangi masalah DBD khususnya di sidoagung,karena kasusu DBD di Sidoagung cukup tinggi.

Dr Nurulhayah menambahkan bahwa sampai bulan maret ini kasus DBD di kabupaten sleman ada 126 kasus, dan Godean menempati nomor 2 terbanyak kasus DBD. Di wilayah Puskesmas Godean 1 ada 21 kasus dan sudah menyebar di 12 kecamatan. Melalui gerakan jumat bersih ini merupkan salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyebaran kasus DBD. Fogging bukan cara efektif untuk menanggulangi DBD, yang terbaik adalah dengan PJB yang perlu dilakukan setiap 1 minggu sekali, dan sebaiknya bak mandi menggunakan ember sehingga mudah dibersihkan. Dari hasil PJB  yang dilakukan di senuko 166 rumah yang diperiksa terdapat 23 rumah positif jentik sehingga ABJ 86,14%.

Dra Hj. Sri Muslimatun, M.Kes menegaskan bahwa penderita DBD than 2016 meningkat 40% dibandingkan tahun lalu, pada tahun 2016 terdapat 520 kasus dengan korban meninggal 9 orang. Selain itu biaya untuk menangani kasus DBD dengan rawat inap di Rumah Sakit, mencapai 50% dari seluruh anggaran di Jamkesda. Cara paling efektif dalam mencegah DBD adalah melakukan 3M, tidak hanya saat musim hujan tapi setiap saat, selain itu juga harus meningkatkan PHBS, karena jika DBD dapat tertangani, dana besar untuk pasien DBD dapat kita alihkan untuk UMKM.

Dari kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dapat menyadari pentingnya menjaga lingkungan, tidak hanya di dalam rumah tetapi juga di luar rumah. Sehingga kasusu DBD khususnya di wilayah Puskesmas Godean 1 dapat berkurang.

Notulis : Eppy Nurul Cahyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *