REFLEKSI AKHIR TAHUN PUSKESMAS GODEAN 1

Pada tanggal 15 Desember 2016 Puskesmas Godean 1 mengadakan pembinaan SDM dalam rangka refleksi akhir tahun yang bertempat di gedung rawat inap Puskesmas Godean 1. Acara dimulai pada pukul 12.00 WIB dan dibuka oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan ice breaking dan pembagian doorprize yang dipandu oleh Siam Hanifah-Psikolog Pugosa.

Dalam sambutannya Kepala Puskesmas Godean 1 menyampaikan bahwa Refleksi akhir tahun 2016 dilakukan untuk mengawali menempati gedung rawat inap setelah selesai pembangunan dan serah terima. Biasanya kegiatan serupa (tahun-tahun sebelumnya) dilaksanakan di luar gedung Puskesmas dengan mengundang motivator dari Akademisi. Pengembangan puskesmas rawat inap tahun ini di Kabupaten Sleman ada 4 salah satunya di Puskesmas Godean 1. Persepsi rawat inap menjadi sesuatu yang menambah nilai dari Puskesmas, sehingga jika kita punya persepsi demikian akan termotivasi untuk jadi lebih baik, menjadi Puskesmas yang lebih dari yang lain. Dengan demikian tahun 2017 ada tugas yang cukup besar yang akan menjadikan Puskesmas Godean I lebih dari yang lain, “Tugas besar” tidak diidentikan dengan “tugas berat”,  sehingga perlu komitmen agar tugas yang lebih besar tidak terasa berat akan tetapi menjadi “tugas mulia” karena berarti kita lebih bermanfaat untuk sesama.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan apresiasi kepada 6 karyawan berprestasi di Puskesmas Godean 1, diantaranya:

  1. Drg. Christina SAP sebagai Juara 2 Dokter gigi teladan Tingkat Provinsi DIY tahun 2016,
  2. Dr. Dela Octaviana sebagai juara 1 Dokter umum teladan Tingkat Kabupaten Sleman tahun 2016,
  3. Dr. Gandi Setyawan sebagai karyawan yang berperan dalam Implementasi System KBK di FKTP,
  4. Wijaya sebagai karyawan yang berperan dalam Penerapan Layanan Berbasis Perkembangan Teknologi,
  5. Dwi Mulyani, Amd.Gz. sebagai karyawan yang berkomitmen tinggi dalam Pemeliharaan Implementasi Akreditasi Puskesmas,
  6. Siam Hanifah, S.Psi. sebagai koordinator terbaik dalam tim mutu puskesmas Godean I   (dalam Penanganan Keluhan Pelanggan-PKP).

Kegiatan dilanjutkan dengan isian materi oleh Dr. Cahya Purnama, M.Kes. (Sekretaris Dinas Kesehatan) tentang kebijakan pengembangan puskesmas rawat inap di Kabupaten Sleman,  dan Dra. Dwi Andayani, Apt. (Kepala Bidang Yanmed) tentang Dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dalam operasional puskesmas rawat inap.  Dalam materinya disampaikan bahwa target hingga tahun 2021 dalam 1 kecamatan terdapat 1 rawat inap, dan salah satunya puskesmas godean 1. Setelah serah terima gedung rawat inap akan menjadi tanggung jawab karyawan puskesmas yang harus difungsikan. Ke depannya kapitasi akan semakin banyak tahun 2017 Jamkesda berintegrasi dengan BPJS otomatis kapitasi akan pindah ke Puskesmas, sehingga tugas juga akan bertambah. Untuk mendukung kegiatan-kegiatan kedepannya, bukan berarti menghilangkan kegiatan yang sudah ada karena rawat inap, tetapi fungsi utama Puskesmas sebagai penyelenggara UKM dan UKP tetap dilaksanakan. Diharapkan Puskesmas Godean 1 mampu mendahului jadi Puskesmas ranap dibandingkan Puskesmas yang lain. Selain itu juga ditekankan oleh Kabid Yanmed, bahwa fasilitas rumah dinas harus bisa mendukung operasional rawat inap.

Acara dilanjutkan dengan refleksi akhir tahun yang di pandu oleh Siam Hanifah, Yulia Cahya Nurani dan drg. Christina SAP, seluruh karyawan bergadengan tangan dengan suasana hikmat diiringi lantunan lagu syukur disampaikan materi tentang refleksi akhir tahun, refleksi akhir tahun menekankan arti kebersamaan dalam mengemban amanah-tugas mulia sebagai insan kesehatan di Puskesmas, setiap karyawan menjadi bagian yang penting dalam berputarnya roda organisasi Puskesmas. Jangan ada kesendirian dalam kebersamaan Pugosa, riak-riak kecil dalam kebersamaam menjadi dinamisasi yang akan mendewasakan dan memperkokoh kebersamaan untuk songsong tugas besar dan mulia di tahun 2017. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Yusuf nabawi.

Notulis : Eppy Nurul Cahyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *