Senam Prolanis Dalam pengelolaan Penyakit Diabetes Mellitus

Puskesmas Godean 1 bekerjasama dengan BPJS kesehatan mengadakan program Prolanis yaitu program pengelolaan penyakit kronis bertujuan agar peserta bisa mandiri dalam penanganan penyakit di rumah. Pada penderita Diabetes Mellitus, pengelolaan Penyakit ada 4 Pilar yaitu Edukasi, Pengaturan Makan, Olahraga, Pengobatan. Penyakit DM tidak bisa sembuh, tetapi bisa dikontrol dengan cek darah rutin, minum obat yang teratur dan pengelolaan Dietnya juga harus benar –benar dijaga. Dalam Diet Diabetes Mellitus terdapat prinsip 3 J yaitu :
• Tepat Jumlah adalah jumlah porsi makanan setiap kali makan, harus sesuai dengan diit yang dianjurkan.
• Tepat Jenis adalah dalam pemilihan jenis bahan makanan yang dianjurkan dan yang tidak dianjurkan harus tepat, makanan yang dihindari harus benar-benar dihindari.
• Tepat Jadwal adalah waktu makan penderita DM harus sama setiap harinya, misal makan pagi sebelum jam 8.00, snack pagi jam 10.00, makan siang jam 12.00, snack sore jam 15.00, makan malam sebelum jam 19.00 wib.
Pada penderita DM Olahraga akan membantu pengontrol dan menurunkan kadar glukosa darah, ada beberapa penelitian yang sudah dilakukan terhadap pasien DM, ternyata memang dengan senam DM bisa menurunkan kadar gula. Olahraga bagi penderita Diabetes Mellitus sebaiknya dilakukan kontinue dan terus menerus, minimal seminggu 3-4 x dengan durasi 30-60 menit. Olahraga bagi penderita DM termasuk kategori ringan-sedang tergantung kondisi masing-masing pasien.
Pada Sosialisasi Kesehatan Peserta Prolanis yang dilakukan pada hari Sabtu, 23 April 2016 disampaikan bahwa Puskesmas Godean 1 akan memfasilitasi kegiatan senam prolanis, senam prolanis sudah dimulai pada tanggal 27 April 2016 dan diadakan mulai pukul 6.30 pagi, setiap hari senin, rabu dan sabtu di halaman Puskesmas Godean I, selain itu setiap 3 bulan juga akan dilakukan penyuluhan prolanis dari tim Puskesmas Godean 1.
Kegiatan ini mendapat tanggapan yang baik dari peserta prolanis, dari kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana untuk membantu penderita DM dalam menjaga kesehatannya.

senam prolanis

Notulis : Frida Hartiningrum, AMd, Gz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *