PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA REMAJA

Anemia adalah penyakit kekurangan darah, ditandai dengan kadar HB kurang dari 12 % dl, Gejala anemia biasa disebut dengan 5 L yaitu letih lemah lesu lungsai lalai. Pada remaja bahaya anemia bisa menurunkan produktivitas remaja baik disekolah maupun di lingkungan, kedepannya bisa membahayakan kehamilan dan persalinan, menaikkan kejadian stunting dan BBLR pada bayi baru lahir. Anemia remaja bisa dicegah dan diatasi dengan makan makanan bergizi seimbang dan rutin minum Tablet Tambah Darah.
Cara untuk mengatasi anemia pada remaja adalah mengkonsumsi gizi seimbang. Salah satu kegiatan untuk mendukung konsumsi gizi seimbang adalah dengan diadakannya sosialisasi pedoman gizi seimbang pada remaja. Sosialisasi ini dilakukan dengan pemberian materi tentang gizi seimbang kepada remaja salah satunya yang dilakukan di Dusun Genitem pada tanggal 10 Juni 2016 pukul 16.00 WIB.
Pada kesempatan ini Kepala Dusun Genitem berterimakasih kepada tim Puskesmas Godean I karena telah bersedia memberikan penyuluhan kepada remaja. Kepala Dusun Genitem juga berharap dengan diadakannya penyuluhan tersebut remaja genitem semakin paham tentang pentingnya gizi seimbang dan tentang ilmu kesehatan lainnya, sehingga mampu mewujudkan generasi sehat berprestasi.
Materi Pedoman Gizi Seimbang pada remaja disampaikan oleh nutrisionis Puskesmas Godean 1, Frida Hartiningrum, AMd, Gz. menyampaikan 10 Pesan Umum Gizi Seimbang, diantaranya :
1. Syukuri dan nikmati anekaragam makanan
2. Perbanyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
3. Biasakan mengkonsumsi laukpauk mengandug protein tinggi
4. Biasakan mengkonsumsi anekaragam makanan pokok
5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak
6. Biasakan Sarapan
7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih dan mengalir
10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal
Kegiatan tersebut mendapat tanggapan baik dari remaja dusun Genitem, Remaja Dusun Genitem juga akan menyampaikan materi yang telah mereka dapatkan kepada keluarga agar bisa berperan dalam pengawasan makan.
gizi seimbang remaja
Notulis : Frida Hartiningrum, AMd, Gz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *