Menjalani Kehamilan dengan Nyaman dan Sehat

Kehamilan adalah masa dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin, lamanya 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 10 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan dibagi menjadi 3 periode Trimester I (usia kehamilan 0 – 3 bulan), Trimester II (usia kehamilan 4-6 bulan), Trimester III (usia kehamilan 7 – 9 bulan).
Beberapa keluhan sering terjadi pada Ibu hami tiap Trimester, seperti :
1. Mual Muntah, Obat paling mujarab adalah makan lebih baik makan sedikit-sedikit tapi sering, Perbanyak makan buah Hindari makanan berminyak dan berlemak dan Hindari aroma yang tidak disuka.
2. Lemas dan Pusing dapat ditanggulangi dengan perbanyak istirahat, Cek Hb untuk memastikan tidak anemia, Jangan memaksakan diri dalam beraktifitas.
3. Libido Menurun, Pertama yang harus dilakukan adalah komunikasi dengan suami, Penggunaan kondom, Hindari stimulasi putting susu
4. Perut dan Payudara terasa gatal dapat ditaggulangi dengan menggunakan lotion dan perbanyak minum air putih
5. Perut kenceng-kenceng perlu Relaksasi, perbanyak istirahat dan hindari stress
6. Sering Buang Air Kecil dan Keputihan : Jangan menahan BAK, Mengeringkan daerah genital setiap kali selesai BAK/BAB, Sering ganti celana dalam, Cebok yang benar, Segera periksa jika keputihan berwarna putih kehijauan, berbau dan gatal.
7. Sakit Punggung/ Pinggang dapat ditanggulangi dengan Menghindari mengangkat benda berat, jika terpaksa bagi menjadi 2 bagian sama besar, Hindari menjangkau sesuatu yang posisinya tinggi, Hindari menggunakan sepatu/sandal ber hak tinggi, Sering merubah-rubah posisi tubuh, Duduk/ berdiri maksimal 2 jam, Jika duduk, gunakan tempat duduk yang memiliki sandaran punggung, Tidur posisi miring ke kiri, Kompres hangat.
8. Saat Kaki dan tangan kesemutan/kram Jangan panik, ini hal yang wajar dan sering merubah posisi tubuh, sering menggerak-gerakkan kaki dan tangan, menghindari posisi kaki menggantung.
Senam hamil merupakan senam dengan gerakan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kehamilan sehingga tentunya berbeda dengan gerakan senam yang umum, tujuan utama dari senam hamil adalah menyehatkan ibu hamil serta memperlancar proses persalinan dengan memberikan latihan pada otot-otot dan bagian tubuh yang nantinya akan berperan dalam proses persalinan seperti contohnya tulang panggul, otot perut, dan otot paha, sehingga nantinya ibu hamil diharapkan bisa melakukan persalinan normal dengan lancar.
senam hamil
Notulis : Yulia Cahya Nurani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *