TALKSHOW DI RADIO KONCO TANI

Kegiatan Talkshow di radio Konco tani dilakukan setiap hari Senin, minggu pertama di setiap bulannya mulai pukul 11.00 – 11.30 WIB. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari promosi kesehatan yang dilakukan Puskesmas Godean 1 yang bekerja sama dengan Radio Konco Tani. Pada tanggal 02 Mei 2016 talkshow di Radio Konco Tani mengangkat tema ISPA. Materi ini disampaikan oleh Yetik Purniawati dari bagian BP Umum Puskesmas Godean 1.
Dalam materinya Yetik purniwati menyampaikan tentang pengertian ISPA. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) adalah infeksi karena masuknya mikroorganisme ke saluran nafas yang ditularkan dari manusia ke manusia. ISPA dapat terjadi pada siapa saja baik dari anak-anak, dewasa, hingga lansia. Beberapa tanda dan gejala ispa diantaranya batuk pilek, demam, nafsu makan menurun, sakit kepala, sakit tenggorokan dan napas cepat.
Dalam kesempatan ini juga disampaikan penanganan yang perlu dilakukan saat anak-anak terkena ISPA. Penanganan sebaiknya dilakukan dengan bahan alami terlebih dahulu, seperti :
a. Mengatasi panas demam dengan dikompres dengan air hangat pada bagian tubuh yang banyak terdapat pembuluh darah, seperti pada bagian dada, perut, punggung serta dahi.
b. Mengatasi batuk dengan jeruk nipis sebagai bahan pereda tenggorokan. Setengan sendok teh Jeruk nipis dapat dicampur dengan kecap atau madu dan dapat diminum 3x sehari.
c. Pemberian makanan cukup gizi sedikit tetapi sering.
d. Pemberian minum air putih hangat, air buah, dll.
Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah ISPA seperti menjauhkan naka dari penderita batuk, memberikan makanan yang bergizi pada anak, memberikan imunisasi pada anak serta melakukan pengobatan sesegera mungkin apabila ditemukan tanda dan gejala penyakit ISPA.
Informasi yang disampaikan mendapat respon yang sangat positif dari pendengar, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan ISPA.

dokumentasii

Notulis by: Eppy Nurul Cahyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *