Penyuluhan PHBS dalam rangka Promosi Kesehatan

Promosi Kesehatan adalah segala bentuk kombinasi pendidikan kesehatan dan intervensi yang terkait dengan ekonomi, politik, dan organisasi, yang dirancang untuk memudahkan perubahan perilaku dan lingkungan yang kondusif bagi kesehatan (Lawrence Green, 1984). Sedangkan PHBS adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.
Salah satu kegiatan yang dilakukan Puskesmas Godean 1 dalam upaya promosi kesehatan adalah melalui penyuluhan dengan tema PHBS. Penyuluhan PHBS tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar dengan memberikan informasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku sehingga masyarakat mampu menerapkan cara hidup sehat dan dapat meningkatkan kesehatannya.
Penyuluhan PHBS yang dilaksanakan pada tanggal 15 April di Dusun Sembuh Kidul dan pada tanggal 19 April di Dusun Gancahan VIII dengan sasaran kader dan kelompok ibu Rumah tangga. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan tentang pengertian PHBS dan indikator PHBS dalam tatanan rumah tangga dengan menggunakan lembar balik, 10 indikator PHBS dalam tatanan rumah tangga yaitu,
1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
2. Memberi bayi ASI Eksklusif
3. Menimbang balita setiap bulan
4. Menggunakan air bersih
5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
6. Menggunakan jamban sehat
7. Memberantas jentik di rumah
8. Makan sayur dan buah setiap hari
9. Melakukan aktifitas fisik setiap hari
10. Tidak merokok di dalam rumah
Melalui diskusi pada saat penyuluhan dapat diketahui masih ada sebagian masyarakat belum mengerti tentang indikator PHBS dalam rumah tangga, sebagian dari mereka juga belum menerapkan indikator yang ada dalam PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga masih ada sebagian masyarakat juga belum mengerti tentang tata cara cuci tangan yang benar, pada kesempatan tersebut juga diajarkan tata cara cuci tangan yang baik dan benar.
Kegiatan tersebut mendapat sambutan baik dari kader posyandu maupun masyarakat, masyarakat berniat untuk menerapkan cara cuci tangan yang baik dan benar, selain itu masyarakat juga sepakat untuk menjalankan indikator yang ada dalam PHBS tatanan rumah tangga agar derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat.

dokumentasi

Notulis by: Eppy Nurul Cahyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *